Jumat, 06 November 2009

Tips Dzikir

Beberapa saat yang lalu ada yang menawarkan diri untuk mengajak dzikir bersama, tepatnya di masjid komplek perumahan deket di mana saya tinggal, tak berfikir panjang, langsung saya setubuhi eee.ee saya setujui. Mengingat bahwa di dalam al Qur'an di katakan:”perhatian… dengan dzikir akan dapat menenangkan hati”. Saya berfikir wah .. ini sangat cocok sekali untuk mengobati hati gunda gulana yang akibat tugas kantor yang terus bertambah. Memang se-sibuk apapun kita harus menyempatkan diri untuk selalu mengingat Allah. Dengan mengingat Allah hati yang sedih maDi dalam al qur’an di katakan bahwa, degnan berdzikir mampu merubah kehidupan yang sedih menjadi gigih dalam menjalani kehidupan ini. Hati yang resah menjadi terobati, hati yang rakus menjadi qana’ah.
Sebaliknya orang yang beraling dari mengingat dzat Allah maka kehidupannya akan sempit dan mendapat ancaman siksa di hari kiamat nanti, Allah berfirman di dalam al Qur'an surat Thaha: 124
وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى.
"Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta".

Sungguh sangat mengerikan sekali, ancaman yang ditimpakan kepada orang-orang yang jauh dai mengingat Allah, mungkin saat ini bukan waktu yang tepat untuk menjelaskan faidah dzikir. TIPS KITA akan memberikan rumusan sederhana tentang tips agama yang fokus pembicaraannya pada Tips Dzikir, diantaranya adalah;

1.sucikan badan ini dari hadats dan najis, karena kita akan menghadap kepada ilahi rabbi sang maha suci. Kemudian ambillah tempat yang suci pula, sesungguhnya tempat yang bersih dan suci akan mendatangkan kekhusyu’an yang lebih.

2.yang sangat penting, adalah selesaikan semua pekerjaan terlebih dahulu, hal hal yang dapat mengganggu khusu’nya dzikir. Jika anda akan melakukan dzikir sedangkan ada waktu sejenak sebelumnya maka waktu tersebut jangan engkau pakai untuk melakukan pekerjaan, yang mana pekerjaan tersebut tidak akan selesai pada saat dzikir itu kita laksanakan.. karena setan akan datang mengganggu hati kita untuk mengingatkan pekerjaan yang bellum terselesaikan.

3.sejenak merenunglah dan ingatlah Allah secara dalam di lubuk hati, karena inti daripada dzikir adalah hati bukan lisan an sich..

4.aturlah nafas secara perlaan setiap kalimat yang di ucapkan dan jangan isi dengan kesombongan, misalnya dengan berdzikir kepada merasa lebih baik dari orang lain.

5.upayakan secara maksimal untuk mengetahui makna isi bacaan-bacaan dzikir yang akan kita baca.

6.jika sekali belum mengena di dalam hati maka lakukanlah berulang kali maka Allah akan memberikan anugerah ketenangan yang luar biasa di dalam menjalani hidup yang penuh onak berduri ini

CATATAN;
Kita diciptakan Allah untuk beribadah, di antara ibadah yang tidak ada bilangannya adalah dzikir, semakin banak berdzikir maka semakin baik pula pengaruh yang di terima oleh jiwa kita. Barangkali dzikir tak ubahnya seperti pupuk penyubur tanaman dalam hidup ini. Mari kita belajat melakukan dzikir dengan benar, semoga dzikir kita berbekas di dalam hati amin ya rabbal alamin.

sumber : http://tipsdirektur.blogspot.com